Followers

Sunday, October 17, 2010

KEAJAIBAN MATA (ARTIKEL KETIKA HATI RISAU)


Dengan asma Allah yang Maha Agung....

Saya risau saat ini, malam tadi mata Iman terkena minyak urut panAs(ala-ala minyak cap kapak, PRODUK RANGKAIAN TOK GURU. Saya yang cuai. Masuk mata, masuk mulut.....Allah saja yang tahu hati saya. nasib baik kebetulan ada perbincangan untuk program cuti sekolah dengan K.Maryam dan K.Sheela. Ada mereka kurang sikit panik, dan boleh berfikir apa yang patut dibuat.

Saya risau bila Iman langsung tak mahu buka mata. Puas saya panggil, mata tetap dipejam sambil menangis.

DIPETIK DARI http://busyralana.blogspot.com; saya cuma ambil sebahagian saja....versi bahasa Indonesia.

Secara anatomis mata kita berada pada tempat yang amat terlindung. Rongga tersebut menampung 30cc volume. Tulang-tulang yang melingkar di sekeliling mata diciptakan dengan sempurna sehingga mata aman dari trauma. Disamping atas, dibagian bawah dan tengah dari tiap mata terdapat suatu rongga dari tulang yang disebut sinus. Sinus ini berfungsi sebagai Shock Absorber (peredam kejut) sehingga sewaktu-waktu tulang tersebut mengalami trauma, maka tekanannya akan diserap oleh sinus dan mengurangi tekanan yang masuk ke dalam mata. Sang

Pencipta meletakkan organ istimewa ini pada tempat yang aman dan melengkapinya dengan berbagai sarana penjagaan.
Di sisi depan, mata dilindungi oleh kelopak yang memiliki reflek menutup dengan amat cepat, sehingga sepersekian detik saja sudah bisa menutup ketika ada sesuatu yang akan masuk. Dilengkapi dengan bulu, menjadikan mata aman terhadap partikel padat maupun cair. Di sudut bagian samping atas dari rongga mata terdapat kelenjar penghasil air mata yaitu kelenjar lakrimalis. Kelenjar ini senantiasa memproduksi air mata (tear film) yang akan membasahi permukaan mata dan mencuci mata dari debu-debu dan partikel kotoran yang senantiasa masuk.

Cairan ini sangat istimewa fungsinya. Selain membunuh kuman-kuman yang masuk, cairan ini juga mengatur tekanan dalam bola mata dan memberikan nutrisi kepada bagian mata terluar yaitu Kornea.

Berkurangnya cairan mata dalam waktu tertentu akan menyebabkan suatu gejala kekeringan mata yang disebut Xeroftalmia. Penyakit ini akan menyebabkan kebutaan jika tidak ditangani dengan segera. Bersyukurlah anda yang memiliki mata yang sehat dan memiliki air mata yang sehat juga setiap saat, karena jika tidak, maka anda akan menggunakan tetes air mata buatan sepanjang hidup ! Berfirman Allah dalam surat Al-An’aam 46 yang artinya : ” Katakanlah: ’Terangkanlah kepadaku jika Allah mencabut pendengaran dan penglihatan serta menutup hatimu, siapakah uhan selain Allah yang kuasa mengembalikannya kepadamu?’ Perhatikanlah, bagaimana Kami berkali-kali memperlihatkan tanda-tanda kebesaran (Kami), kemudian mereka tetap berpaling (juga).”


TINTA NORMI : harapnya Iman cuma takut nak buka mata. Kalau dia bangun nanti masih menangis dan tak mahu buka mata - ke hospital lah kami nanti.

No comments:

KAMI ^_^

KAMI ^_^